Pukesmas Eyat Mayang Adakan MMD 2024, Peserta Dari Desa Eyat Mayang dan Desa Labuan Tereng

Lombok Barat– Seperti Setiap tahun sebelumnya, Pada hari Selasa-Rabu (21-22/5/2024), Puskesmas Eyat Mayang, telah mengelar  Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). MMD ini merupakan program tahunan Puskesmas Eyat Mayang yang mempertemukan Tokoh Desa seperti Kepala Desa, Bidan Desa, dan para kader posyandu untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) masyarakat.

MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakat dan para petugas untuk membahas hasil Survey Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMD tersebut.

Foto : Pidato Kepala TU PKM Eyat Mayang dan Narasumber Nakes Eyat Mayang (22/5)

Sebelum melaksanakan MMD, kader Kesehatan Desa Labuan Tereng dan Desa Eyat Mayang telah mengunjungi setiap rumah warga untuk melakukan Survey Mawas Diri dengan berbagai formulir yang sudah disediakan oleh Tim Kesehatan Puskesmas Eyat Mayang Lombok Barat.

BACA JUGA



Tujuan MMD adalah sebagai berikut :
πŸ“Œ Agar masyarakat mengenal masalah kesehatan yang ada di wilayahnya.
πŸ“Œ Agar masyarakat sepakat untuk bersama-sama menanggulangi masalah kesehatan yang ada di wilayahnya.
πŸ“ŒTersusunnya rencana kerja untuk penanggulangan yang disepakati bersama.
πŸ“Œ Kegiatan MMD ini membahas hasil Survey Mawas Diri (SMD).

Acara yang dilaksanakan di Aula Puskesmas ini selain dihadiri oleh kader dan perwakilan warga, dihadiri pula oleh Kepala Desa dua desa dan Perangkat Kewilayahan (Kepala Dusun), kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari, hari terakhir fokus kegiatan Pembentukan Tim Donor Darah.

Pada umumnya, tujuan dari dilaksanakan MMD ini adalah agar masyarakat mengenal masalah kesehatan di wilayah Desanya. Setelah mengetahui masalah kesehatan  yang dialami dan dimusyawarahkan bersama, harapannya masyarakat sepakat untuk menyusun rencana penganggulangan masalah kesehatan tersebut.

Setelah acara dibuka dan dilakukan beberapa sambutan awal, seperti Kata Sambutan Kepala Pusesmas Bapak Ns. Zulqutbi, S.Kep kemudian dilanjutkan dengan penyampaian hasil Survei Mawas Diri (SMD) oleh Ibu Dewi dan Ibu Luluk selaku Bidan Koordinator.

MMD ini dihadiri peserta undangan, seperti Bidan Desa 2 Desa, Ibu Hamdiah selaku Bidan Poskesdes Desa Eyat Mayang dan Nurdianti Selaku Bidan Poskesdes Desa Labuan Tereng, Kades Eyat Mayang Munawir Haris dan Kepala Wilayahnya, Kades Labuan Tereng Humaidi dan Kepala Wilayahnya, dan Perwakilan Kader Posyandu.

Hasil masalah tersebut kemudian ditelaah satu persatu dan dicari solusinya dengan jalan musyawarah. Diharapkan pemerintah desa bekerja sama dengan Puskesmas untuk memberikan sosialisasi agar masyarakat tidak kekurangan pengetahuan tentang kesehatan  serta terus bekerja sama dan mendukung segala kegiatan dari Puskesmas untuk menanggulangi masalah kesehatan di Desa masing-masing.

Jangan Lupa Channel Whatsapp kami diikuti dengan klik FOLLOW  dan ikuti juga Channel Youtube Redaksi Kru Tim Kami dengan Klik Video diatas. Terimakasih

Tinggalkan Balasan